6 Inovasi Teknologi yang Mengguncang Dunia

http://images.detik.com/content/2013/12/17/317/ecomerce4.jpg
Dalam kurun satu tahun di 2013 ini telah banyak inovasi teknologi yang bermunculan. Bahkan beberapa di antaranya, diprediksi akan mengguncang dunia dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Inovasi teknologi ini memang bukan sesuatu yang asal jadi begitu saja. Semuanya berawal dari konsep, kemudian diwujudkan dalam hal yang nyata. Tapi, bermuara pada satu untuk kehidupan manusia yang lebih baik.

Apa saja inovasi teknologi menarik dan mengguncang dunia yang terjadi di sepanjang tahun 2013 ini? 

1. Google Glass

http://images.detik.com/content/2013/12/17/317/092414_brinseling.jpg
Sebelumnya tak banyak yang tahu apa itu wearable gadget, sebelum akhirnya Google memperkenalkan kaca pintarnya. Ya, ini bukan alat bantu mata, namun sudah disematkan dengan kecanggihan Android.

Google Glass yang saat ini masih dalam tahap ujicoba secara terbatas, memang memperlihatkan bagaimana kecanggihan teknologi berpadu dengan alat yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Mungkin setelah ini, akan banyak bermunculan wearable gadget lainnya. Tak hanya kacamata, tapi juga wig sampai pakaian dalam.

Lebih dari itu, Google Glass akan membuka jalan untuk memproduksi wearable gadget secara massal. Yang diuntungkan tentu saja masyarakat, karena mendapatkan harga yang semakin terjangkau.

2. Smartwatch

http://images.detik.com/content/2013/12/17/317/092510_gear1.jpg
Sama halnya dengan Google Glass, smartwatch juga termasuk katagori wearable gadget yang tengah dilirik industri. Dimulai dari Sony Smartwatch dan Samsung Gear, arloji pintar ini juga berturut-turut mulai diperkenalkan oleh produsen lain.

Sebut saja Nike, Nuovo, ZTE, Qualcomm, Intel, bahkan Google, Microsoft, dan Apple. Sebagian dari mereka ada yang sudah mulai memasarkan, sebagian masih dalam tahap rencana dan produksi.

Jika Samsung Gear sejauh ini cuma sebagai extended gadget alias perpanjangan fungsi handset saja, produk lain kabarnya tengah disiapkan untuk jadi stand alone device untuk fungsi telepon, internet, SMS, email, twitter, facebook, dan lainnya.

3. Printer 3D

http://images.detik.com/content/2013/12/17/317/092543_printer3d.jpg
Printer kini tak hanya untuk mencetak gambar statis dengan tinta dan kertas. Karena saat ini sudah ada yang mampu membuat objek nyata seperti aslinya hanya dengan printer saja.

Teknologi yang mempunyai nama lain additive manufacturing tersebut akan banyak bermanfaat bagi beragam industri, seperti arsitektur, otomotif, penerbangan, pendidikan dan masih banyak lagi.

Saat ini memang printer 3 dimensi sudah mendapatkan kemudahan penggunanya. Pengguna hanya mengirimkan file CAD, kemudian printer ini akan membentuknya sendiri. Kemungkinan besar, di tahun depan, cara memprinter dengan bentuk nyata mulai menjadi hal yang biasa.

Teknologi ini sendiri mulai tak asing di Indonesia. Buktinya, sudah ada orang Indonesia yang berprestasi memenangkan kejuaraan desain dengan memanfaatkan teknologi 3D printing ini.

4. Bitcoin

http://images.detik.com/content/2013/12/17/317/092615_bitcoin.jpg
Sejumlah otoritas di beberapa negara tengah membicarakan kemunculan sejenis mata uang baru bernama Bitcoin. Membuat heboh karena ini adalah mata uang digital di dunia maya yang ternyata bisa juga dipakai di dunia nyata.

Ya, sudah banyak merchant yang menerima penjualan Bitcoin ini. Mulai dari membeli pizza, elektronik, bahkan belakangan ada yang mampu membeli mobil mewah dengan menggunakan Bitcoin. Jelas, Bitcoin sudah menjadi simbol baru pengukuhan e-money yang bikin geger dua dunia.

Bitcoin adalah jaringan pembayaran peer-to-peer yang bersifat terbuka (open source) dan juga merupakan mata uang digital yang diperkenalkan sekitar tahun 2009.

Apa uniknya Bitcoin? Kendati hanya sebagai uang mata digital, namun ini bisa menjadi alat pembayaran di dunia nyata. Bahkan Bitcoin bukan sekedar angka-angka uang seperti di PayPal atau semacam e-wallet.

Bedanya dengan alat pembayaran lain adalah, Bitcoin mampu menembus batas sekat negara--yang sementara di negara tertentu saja. Tanpa harus terikat dengan regulasi di setiap negara.

Banyak orang yang menyukai Bitcoin, karena mampu menjadi alat pembayaran tanpa kartu kredit, biaya administrasi dan tentu saja tanpa harus mematuhi regulasi di setiap negara--setidaknya sampai saat ini.

5. Password Baru di Smartphone

http://images.detik.com/content/2013/12/17/317/092724_iphone5sjari460.jpg
Smartphone tak bisa lagi dibendung sebagai perangkat mobile yang melesat popularitasnya. Efek tentu saja, banyak inovasi yang dibenamkan di ponsel cerdas tersebut.

Seperti halnya saat Apple meluncurkan iPhone 5S. Banyak orang berpaling ke ponsel cerdas ini karena perusahaan tersebut menawarkan sesuatu yang baru, yakni pemindai sidik jari sebagai pengganti password konvensional.

Di masa depan, dipercaya inovasi yang dibawa oleh Apple ini akan membuat perangkat mobil semakin personal. Tak cuma dereta angka konvensional, namun juga bisa sidik jari atau hal lainnya.

6. Mobil Listrik Tesla

http://images.detik.com/content/2013/12/17/317/092801_el5.jpg
Nama Elon Musk disandingkan dengan Tony Stark si Iron Man di dunia nyata. Tampan, pintar, dan super kaya. Lebih dari itu, apa yang ditawakrn Musk mampu mengguncang dunia. Hasil karya Elon--banyak yang menganggap--lebih revolusioner lewat perusahaan yang dibesutnya, Tesla Motor dan Space X.

Tesla Motor merupakan pembesut mobil listrik. Elon sukses membawa mobil listrik ke tingkat yang lebih tinggi dan tentunya digemari banyak orang.

Mobil listrik buatan Tesla memang terbilang mumpuni dari sisi kemampuan. Model yang ditawarkan pun begitu mewah dan sporty sehingga gampang membuat yang melihat langsung jatuh hati.

Tesla telah menjual lebih dari 2.500 kendaraan listriknya di 31 negara. Dimana sedan model S jadi kendaraan listrik andalan perusahaan yang sahamnya tercatat di Nasdaq tersebut.


Sumber Referensi:
http://inet.detik.com/read/2013/12/17/092001/2443978/317/7/inovasi-teknologi-yang-mengguncang-dunia

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sewajarnya ! Dilarang Keras Berkicau SARA , Mengejek , Menghina Siapapun di sini ! Jika Sudah paham maka Silahkann Berkomentarlah ! Terimakasih

Share Article

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...