Bahaya Mengkonsumsi Chicken Nugget

Banyak "Sampah" dalam Chicken Nugget

Di dalam chicken nugget terkandung pembuluh darah, lemak, dan tulang rawan.

chicken nugget,ayam olahanChicken nugget. (Thinkstock)
Oleh mata telanjang, kandungan sebenarnya di dalam chicken nugget (produk ayam olahan) mungkin tak terlihat. Namun, lewat mikroskop akan ditemukan betapa banyak sampah atau kandungan yang tak pantas dimakan.
Ahli obat dan pediatrik dari University of Mississippi Medical Center, Dr. Richard D. deShazo, amat kaget ketika melihat dengan teliti apa yang terkandung dalam makanan cepat saji itu. Ketika deShazo dan ahli patologi Steven Bigler memotong chicken nugget secara random, mereka menemukan kandungan pembuluh darah, lemak, tulang rawan.
Kemudian, mereka meneliti chicken nugget dari sebuah rumah makan. Hanya 50 persen kandungan daging ayam yang terdapat dalam chicken nugget itu. Selebihnya berupa kandungan pembuluh darah, otak, jaringan epithelium, dan tulang yang seharusnya menjadi sampah. Saat kandungan nutrisi diteliti, sebanyak 56 persen terdiri dari lemak, 25 persen kandungan karbohidrat, dan 19 persen protein. Demikian dilaporkan The Atlantic.
Sementara nugget dari rumah makan lainnya mengandung 40 persen tulang dan otot, kemudian sisanya campuran tulang, lemak, dan jaringan-jaringan organ lainnya.
Nugget Tak Sehat
"Apa yang terjadi adalah, beberapa perusahaan membuat nugget dengan campuran palsu, terdiri dari berbagai bagian ayam. Jadi, bukan terdiri dari daging putih ayam yang rendah lemak," kata Dr deShazo.
"Jadi, kebanyakan nugget merupakan produk dengan kalori, lemak, garam, dan gula dengan kadar tinggi yang sebenarnya tak sehat. The National Chicken Council, grup nirlaba yang mewakili produsen produk ternak di Amerika, membantah penemuan deShazo. Menurut mereka, nugget merupakan makanan dengan sumber protein yang baik, terutama buat anak-anak.
Namun, deShazo dan ketua organisasi advokasi makanan sehat, Jamie Oliver menilai, justru di situ masalahnya. Menurut Oliver, anak-anak Amerika telah dicuci otaknya untuk ketagihan nugget, meski mereka tahu makanan itu banyak dibuat dari tulang dan bahan lain yang tak dianjurkan untuk dimakan.
Apalagi, di Mississippi, banyak anak yang menderita obesitas. Bahkan, diperkirakan, pada 2030 nanti 66,7 persen warga Mississippi akan terkena obesitas. Memang belum diketahui apakah ada hubungannya dengan konsumsi nugget, namun yang pasti makanan itu amat populer buat anak-anak di kota itu.
Sumber Referensi:
http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/10/banyak-sampah-dalam-chicken-nugget

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sewajarnya ! Dilarang Keras Berkicau SARA , Mengejek , Menghina Siapapun di sini ! Jika Sudah paham maka Silahkann Berkomentarlah ! Terimakasih

Share Article

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...